Sunday, 2 June 2013

Cara Merakit Tv dengan Mesin Cina

Dua hari kemarin dapat pesanaan dari teman karibku ust.Hendra dari kp.Wangunsari ds.Patrolsari untuk merakit tv 14", yang kebetulan di rumah punya tv Toshiba rusak mesinnya karena kena serangan petir dan kerusakannya sangat parah tapi kondisi tabung CRT masih sangat bagus.

Dengan kondisi seperti itu maka saya mengganti mesinnya dengan mesin tv cina baru yang banyak di jual dipasaran.
Mengganti/memasang mesin tv dengan mesin tv cina mungkin dilakukan oleh para teknisi sebagai alternatif memperbaiki tv yang sparepartnya susah dicari atau harganya yang mungkin relatif mahal, atau mungkin alasannya seperti yang saya alami tersebut.

Ok... sekarang kita lanjut pada pembahasan memasang/merakit tv-nya.

www.ndenservis.com

Yang pertama saya lakukan adalah membongkar tv-nya serta melepaskan Tabung CRT dan bersihkan dari debu. Lepaskan Speaker dll dari chasing tv tersebut, dan selanjutnya adalah mencuci chasing tv dengan air detergen/sabun sampai bersih, kemudian menjemurnya sampai kering.

Sambil menunggu proses pengeringan, ambil mesin tv yang baru dan lepaskan dari chasisnya sampai mesin dan chasisnya terpisah, kemudian lepaskan atau copot beberapa komponen yang relatif cepat mengalami kerusakan dan ganti komponen tersebut dengan komponen yang kualitasnya bagus supaya tv tidak cepat mengalami kerusakan. Setelah penggantian selesai, solder ulang bagian yang panas seperti bagian Horizontal dan Vertikal atau lebih baik solder ulang semua komponen, karena solderan bawaan dari mesin tv cina tersebut kualitasnya kurang bagus tapi saya tidak bilang jelek lho yah...

Setelah proses diatas selesai, ambil chasing tv yang sudah bersih dan kering. Langkah selanjutnya adalah memasang switch on/off, sensor remot, panel tv, input/output untuk vcd/dvd, kabel penyambung tuner dengan jek antena, dan chasis mesin tv pasang semua sampai letaknya presisi. Gunakan baud/sekrup dan lem bakar untuk membantu merekatkannya.

http://www.ndenservis.com/2013/06/cara-merakit-tv-dengan-mesin-cina.html

Langkah diatas sudah selesai, selanjutnya pasangkan tabung CRT dan speaker serta  mesin tv baru.
Masukan/Pasangkan kop Flayback ke CRT, pasang kabel sensor remot, kabel panel, kabel tuner, kabel untuk dvd/vcd, kabel speaker dan soket yoke CRT (awas jangan sampai terbalik kabel Horizontal dengan Vertikal karena bisa menyebabkan kerusakan pada ic vertikal), serta pasangkan blok matrik RGB ke tabung CRT, jangan lupa pasang kabel Groung CRT. Selanjutnya kita coba jalankan tv-nya setel pengaturan screen dan  fokus pada flayback, setting parameter tv seperti untuk pengaturan merk, warna RGB, V-size dan lain-lain (lihat buku panduannya).
Langkah terakhir bereskan/rapihkan kabel-kabelnya dengan memakai pengikat , dan tutup chasingnya.

Nah, mungkin itulah sedikit kesimpulan dari Cara Merakit TV menggunakan mesin tv cina baru, karena mungkin untuk para teknisi sudah sangat memahaminya. Saya tidak menyarankan bagi yang bukan ahlinya karena bisa menyebabkan kerusakan atau mungkin berbahaya bagi keselamatan anda.

14 comments:

  1. bro,saya baru belajar elektro,saya mau nanya aja,kira kira kerusakan pada tv akibat arus besar380v apa saja kerusakannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok gede amat sampai 380v?
      untuk kerusakan over tegangan kerusakan yang pasti tentunya stabilkan dulu bagian regulator dengan memeriksa semua komponen, dan biasanya Tr horizontal pun ikut rusak. semoga aja kerusakan tidak merembet ke bagian program dan yang lainnya...

      Delete
  2. Wah informasi tentang elektronik yang sangat bermanfaat. TV sejenis ini berapa lama daya tahannya pak ? Terima Kasih.

    ReplyDelete
  3. trimakasih kunjungannya. Untuk ketahanannya lumayan lama juga pak jika kita tau trik merakitnya dengan cara mengganti beberapa komponen dan menggunakan CRT yang kualitasnya bagus, yang sudah2 2 atau 3 tahun baru mengalami kerusakan yang ringan2 saja.

    ReplyDelete
  4. maaf gan mo nanya tv china merk videotech 14" ketika sedang di menu factory ada yang ke off terus tv langsung mati stand by dan kalu dinyalain paling star hanya beberapa detik saja stelah itu stand by lagi cara menstabilkannya lagi gimana ya mohon pencerahannya gan makasih

    ReplyDelete
  5. Anonymous00:23

    mau tanya pak
    pin ABL pada flybeck tidak dipakai boleh apa gak?
    Soalnya kalau tidak dipakai pin ABL pada flybeck selalu keluar percikan api terus menerus
    pin ABL tidak saya pakai karena saya tidak tau jalurnya kemana
    soalnya ini tv sudah bekas tukang service sbelum saya
    jejaknya sih hbis ganti flybeck dengan type yang tidak sesuai aslinya
    mohon pencerahanya pak
    terimakasih sblumnya

    ReplyDelete
  6. Saya bisa bikin 18.0000.000 mesin/sperpart tv

    ReplyDelete
  7. Apakah semua mesin tv21 tabung cembung,tabung datar,sama bang??:-)

    ReplyDelete
  8. saya nanya bro apa blh???

    ReplyDelete
  9. fliblack gak ditemu yg sama nomor nya gemana boleh diganti yg sama kerjanya? tolong pencerahan BOS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja yang penting pinnya sama

      Delete
  10. alfi18:01

    kl gambarnya terbalik apanya yg salah ya bang...?mohon penjelasany.trimakasih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel yokenya aja di tukar/dibalik, pada yoke kabel yang jajaran depan dibalik kiri ke kanan dan kanan kekiri kalau gambar nungging.

      Delete
  11. boz q mau tanya klo tv cman hidu lampu led nya kerusakanya pada apanya ya

    ReplyDelete