Saturday, 6 April 2013

Samsung Slim Over Tegangan B+

Assalamua'lakum....

Sudah lama tidak update blog ini, jadi kangen juga buat curat-coretin ini blog ... Baiklah kita mulai saja biar ga jadi panjang basa-basinya.

Hari kemarin sore kedatangan tetangga yang bawa tv Samsung Slimfit DNIejr ke rumah, dengan keluhan katanya saat tv dinyalakan muncul suara "taak..." yang sangat mengagetkan, dan setelah tv menyala gambar  sangat lebar kesamping kiri-kanan dan agak menyempit diatas dan bawah. Setelah ngobrol-ngobrol sama pemiliknya, saya mengira kerusakan tv ini pasti kerusakan dari tegangan B+ naik atau over alias berlebih dari yang semestinya.

Tanpa basa-basi langsung saja bongkar nih tv dan bersihkan debunya yang menempel di mesin tv. Sebelum berlanjut kepengukuran, saya cek dulu secara visualisasi siapa tau ada komponen yang gosong, dan ternyata komponennya baik-baik aja. Langkah selanjutnya saya putuskan dulu B+ yang nyambung ke FBT dengan melepaskan L yang bertugas menghubungkan B+ ke FBT, kemudian memasang lampu pijar 60 watt secara paralel ke elko B+ sebagai beban pengganti FBT, setelah beres sekarang coba colokan steker tvnya dengan mengukur tegangan B+ dengan AVO meter dan ternyata tegangan normal sekitar 120 volt DC, waah.... kalau gitu bukan tegangan B+ yang over, apanya yah....???

Nah... analisa sekarang karena tegangan normal kemungkinan kerusakan terjadi pada bagian horizontal, tanpa pikir panjang saya bongkar kapasitor-kapasitor tegangan tinggi dan dioda yang ada di sekitar blok horizontal dan melakukan pengukuran, dan ternyata semua pada normal tidak ada kejanggalan.
Waduh, jadi mumet juga.... daripada pusing saya langsung ganti aja kapasitor2 dan diodanya siapa tau jadi normal dan ternyata setelah penggantian selesai saya coba nyalakan tvnya sambil mengukur B+, setelah tv nyala ternyata gambarpun jadi normal... wah senangnya hatiku ternyata berhasil. Sambil perhatikan gambar tvnya dan senyum gembira gak lama kemudian gambar mulai lagi kambuh membesar dan mengecil, sambil saya lihat avo meter ternyata teganganpun ikut naik sekitar 160 volt langsung saya matikan tvnya karena takutnya kerusakan merembet ke yang lainnya.

Nah, berarti kerusakan masih berada pada bagian regulator.
Langkah selanjutnya saya ubek-ubek di bagian regulator seperti pada skema dibawah (walaupun ini bukan skema yang sebenarnya tapi mirip), yang saya ukur semua komponen yang saya lingkari tanda merah. Karena disinilah yang biasanya menyebabkan tegangan B+ menjadi over, mulai dari R, D, C dan IC, tapi semua terukur baik-baik saja, karena penasaran saya ganti saja semua komponen tersebut dan alhasil setelah saya coba nyalakan ternyata tegangan masih tetap 160 volt.
Sambil berpikir, iseng-iseng saya ukur satu persatu jalur yang ada pada blok tersebut, dan didapati kaki tengah ic803 (pada skema) yang ke GND ternyata ada yang putus.

Nah... inilah mungkin penyebabnya, langsung saja saya sambung dengan kabel antara kaki IC tersebut dengan GND dan sekarang tinggal coba nyalakan tvnya.... dan ternyata..... Alhamdulillah tvpun jadi normal.

http://www.ndenservis.com/2013/04/samsung-slim-over-tegangan-b.html


Nah itulah pengalaman ubek-ubek  Samsung slimfit tv DNIejr over tegangan B+ yang saya temukan, bagaimana dengan pengalaman yang anda temukan pada tv yang over B+...???


Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda! Harap jangan komentar spam dan mencantumkan Link hidup pada komentar. Komentar yang menyertakan Link hidup/aktif dan Broken link, maaf akan saya hapus.