Wednesday, 8 September 2010

Tips Cara Servis Tv China

Sepertinya banyak sekali produk-produk china yang menjejali negara kita ini (indonesia), mulai dari mainan anak-anak yang harganya cuman gope sampai otomotif yang harganya puluhan juta bahkan mungkin lebih. Begitupun dengan barang-barang elektronik misalkan tv yang saat sekarang ini begitu banyak keluaran dari china yang laku di pasaran oleh masyarakat kita, dengan alasan harga yang lumayan murah dibanding tv produk lain.

Harga yang murah dengan fitur/fasilitas tambahan seperti game,kalender dan yang lainnya merupakan kelebihan dari tv china ini. Nah, dengan kelebihannya ini pasti ada kekurangan, yaitu tv china ini cepet sekali mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh suhunya yang sangat panas ketika beroprasi, dan komponen yang kurang berkualitas mungkin untuk mengimbangi harga jualnya. Makanya saya sering sekali menerima pasien (tv rusak) tv cina yang usianya bahkan belum genap satu tahun. Patut berterimakasih juga nih untuk para montir tv dengan adanya tv china ini jadi banyak kerjaan dan rezekinya.....hehehe.

Ok, langsung saja pada pembahasan. Ketika kita mendapatkan pasien tv china coba tanyakan pada empunya apa keluhannya, atau perhatikan saat di nyalakan apakah tv mati total, atau hanya tampil raster saja. Dua kerusakan ini yang sangat sering sekali dialami oleh tv china.

Pertama buka dulu tv-nya, coba perhatikan solderannya apakah sudah pada pecah atau belum? Biasanya solderan pada tv china ini rawan sekali pecah akibat dari suhu panas dan kualitas timah yang kurang baik. Sebaiknya lakukan penyolderan ulang.

Selanjutnya coba perhatikan elco-elco pada bagian regulator, biasanya jika elco-elco ini rusak akan terlihat mengembung, retak-retak karet bagian bawahnya atau pastik/bungkusnya mengelupas. Bila terjadi seperti itu coba ganti elconya dengan yang sesuai ukurannya, jika sudah diganti semuanya coba nyalakan tv-nya apakah sudah normal atau belum? Bila kerusakan hanya raster saja, atau ada gambar tapi ada riakan pada gambarnya dengan mengganti elco-elco ini biasanya tv langsung normal.
Dengan kerusakan tv mati total kadang-kadang cara servis diatas bisa untuk mengatasinya, tapi sebagian juga ada yang tidak bisa, yang disebabkan dari kerusakan bagian lain seperti regulator dengan jebolnya transistor (TR) regulator, atau dari bagian horizontal seperti transistor horizontal jebol (istilah tukang servis tv) alias short, flyback dan banyak lagi kerusakan komponen lain yang dapat mengakibatkan tv jadi mati total.

Untuk cara mengatasi tv mati total, mungkin akan dibahas pada postingan selanjutnya.

Sekian, semoga bermanfaat.

Bagaimana? Apakah tips diatas bermanfaat bagi anda?

30 comments:

  1. pak kalo buat speaker tv yang rusak sebelah/ mati satu kira2 gmana cara mengatasinya pak????

    ReplyDelete
  2. kalau sudah pasti speakernya yang mati, coba di solder dulu pada bagian daun speaker yang ada kabel penghubung ke konektor speaker. kalau belum bisa juga mungkin speakernya sudah waktunya diganti sama yang baru.
    untuk memastikan speaker mati atau tidaknya coba ditukar dulu sama yang sebelahnya, kalau memang speakernya masih bagus kemungkinan kerusakan ada pada bagian audio atau ic audionya bermasalah.

    semoga membantu....

    ReplyDelete
  3. Boss..... kalo dilayar hanya keluar garis Vertikal dan horizontal seperti dimode factori B/W 3 kira2 apanya? ic memori dan ic LC 8633xx dah dicoba diganti tapi sama saja, dan kerusakan seperti ini yang sering saya alami, dan biasanya gambar dan suara normal, tapi OSD ga ada yang keluar baik volume maupun menu. sebelumnya makasih atas infonya

    ReplyDelete
  4. Untuk garis vertikal dan horizontal pada mode factory selain di setingan B/W juga bisa dari setingaan LA76810/18 nya coba dirubah.
    Tapi sebelumnya harus tampil dulu OSD, coba di cek v-sync dan H-sync juga tegangan 9/12volt yang masuk ke blok RGB.

    Semoga membantu.

    Untuk rekan-rekan yang ingin menambahkan dan berbagi ilmunya, silahkan untuk menambahkan...

    ReplyDelete
  5. pak saya punya tv merk Blubela(ga tau made in mana),,
    masalahnya adalah suaranya sering ga ada bahkan mati(ga ada suara sama sekali).dah dbenerin tapi tetep aja ganguan terus.
    itu gimana ya???

    ReplyDelete
  6. Biasanya ada solderan yang kendor, mesti solder ulang tapi sebelumnya supaya lebih terlihat solderan yang kendornya lebih baik dibersihkan dulu pakai tiner yang bagus, baru setelah itu lakukan penyolderan, bila masih tetap coba periksa bagian audio.

    sekian, semoga membantu....

    ReplyDelete
  7. Anonymous03:27

    asss..
    tv akari saya bwat nyetel play station tapi ko ga da warnanya padahal sistem nya udah di auto
    gimana si cara seting tv akari

    ReplyDelete
  8. Untuk PS biasanya system harus pada NTSC atau Auto, coba di cari pengaturannya dari remot kalau untuk Akari model model sekarang biasanya ada, kecuali kalau Akari yang agak lawas biasanya belum bisa digunakan untuk PS...

    ReplyDelete
  9. mas saya dh jdi mntir kecil2an dh 2 thun ini....kmren saya mndapat tv cna merk auhtech ...problemnya layar merah...saya cek di bgian soket sampai ic TDA 8361 normal...saya pikir yg rsak tbung...tpi ktika saya tkar PAL/NTSCnya warna brubah sekejap...
    jdi apanya yg ditindak lanjuti mas???

    ReplyDelete
  10. mat mlm Mas Tahyu,mau tanya nich....TVku merk Jonsa klau di hidupkan layarnya tampil tulisan ( Whit Balance Adjust).Apanya yg rusak itu Mas..?? makc sbelumnya ntuk Infonya Mas?

    ReplyDelete
  11. met malem mas tahyu.
    saya andri punya problem dg tv china merk vortex 21 inch.
    ada suaranya tapi gak ada gambarnya sama sekali ky tv mati.
    mohon bantuannya.. kira2 dari apanya ya mas???

    ReplyDelete
  12. tv saya habis saya ganti pakek mesin tv merec v com waktu itu hujan deras ada petir saya lupa mencabut antena .. tv nya masih bisa hidut tapi di daerah faibak nya ada bunyi serek...???

    ReplyDelete
  13. Om kenapa ya tv saya menjadi runyam semua padahal tv yang d ruang tivi ga gitu.....?
    Udah d coba d tuker kabel antenanya ama yang d ruang tv ko masih tetep..."
    Mohon solusinya......"

    ReplyDelete
  14. Mas Tahyu, aq mo tanya... klo TV China. disetel suara ada tapi gambar gak ada, trus FBT juga gak kluarin tegangan Heater. FBT semacam gak On, ga ada anget2nya sama sekali. gima ya Mas Solusinya.

    ReplyDelete
  15. coba di cek tegangan di sekitar flyback dan tegangan out dari flayback, jika tegangan heater saja yang tidak ada dan tegangan yang lain normal kemungkinan besar dari FBTnya yg rusak...

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. mas, mo nanya nih
    tv ane mereknya akira
    layar na mati total (black screen gitu)
    tapi lampu indikator na idup

    gmn tuh mas solusinya
    mohon petunjuk sesepuh ^^
    Thx

    ReplyDelete
  18. mas numpang nanya kalau tv ada seperti lingkaran terus yang ad di lingkaran berubah warna merah jadi biru yang biru jadi hijau

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu accurat lcd nya kebanyakan minta di ganti

      Delete
  19. Mas mau nanya tv saya ada suara tapi tak ada gambar solusinya gimana mas..

    ReplyDelete
  20. mas mnta data pin ic 76810

    ReplyDelete
  21. Anonymous08:54

    Mas, aku ronald, aku punya tv merk VORTEX,setiap pindah chanel alarmnya dan keras banget, saat dinyalain pun sama, alarmnya berbunyi dan keras banget, tolong infonya gimana solusinya mas ya..... Trmksih banyak sebelumnya mas...

    ReplyDelete
  22. Mau tanya gan,saya ada tv china ada gambar tapi suara gak ada,yg rusak apanya ya?

    ReplyDelete
  23. Mau tanya gan,saya ada tv china ada gambar tapi suara gak ada,yg rusak apanya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti R yg menghubug ke soket tabungnya...
      .
      yg dari playback ke jalur tabung...resisstor yg gedenya,,

      Delete
  24. giamana tv cina hanya bluback aja...mohon saranya..

    ReplyDelete
  25. mas bro kalo tvnya terdengar ada suara sprti ad yg b0cor it apa nya ya?thank

    ReplyDelete
  26. MAS TLONG KSH TAHU SY,,TV SY GAMBARNYA NGESHORT TP SUARANYA NORMAL,,GMNA YA MENGATASINYA,,,TRIMS,,BY RENGGA WIJAYA

    ReplyDelete