Monday

Cara Mengatasi Tv Bergambar Pelangi


Bila anda mempunyai televisi dengan kerusakan pada saat pertama kali tv di hidupkan  suara normal tapi gambar yang nampak bukan siaran tv seperti biasa melainkan keluar gambar warna seperti pelangi saja, tapi bila dibiarkan lama menyala gambar mulai nampak normal.

Tenang saja, ini bukan kerusakan dari layar tv atau CRT kok....

Dan saya pun sering sekali mendapatkan tv dengan kerusakan seperti ini, baik pada ukuran tv kecil ataupun besar, dan kerusakan ini sangat membingungkan sekali apabila anda masih pemula dalam belajar servis tv, tapi kalau untuk yang sudah berpengalaman tidak akan memakan waktu 30 menit untuk memperbaikinya dengan catatan komponen yang diperlukan sudah tersedia.

Ok, langsung saja jangan keterusan basa-basinya deh....

Begini cara mengatasi atau servisnya Cara Mengatasi Tv Bergambar Pelangi :

Pertama anda buka dulu tutup belakang tv-nya, kemudian anda lihat di bagian belakang layar yang moncong tersebut ada rangkaian pcb RGB, nah disana ada tuh soket layar yang berwarna putih, coba lepaskan dulu pcb-nya kemudian lepaskan kabel fokus yang masuk ke soket tersebut, lepaskan soketnya dari pcb dengan cara dipanaskan kaki-kakinya dengan solder dan melepaskan timah solderannya, ganti soket layarnya, dan pasang kembali seperti semula.... niscaya sembuh tuh gambar pelanginya dan tv-pun langsung normal.

Pernah juga ada tips dari saudaraku yang sama-sama seprofesi, katanya kalau soket dipasaran tidak menemukan yang sama atau mau tanpa modal pun bisa, yaitu cukup dengan menyediakan air panas kemudian rendam soket layarnya. Mudah-mudahan bisa baik kembali tuh soketnya.
Karena kerusakan seperti ini disebabkan dari banyaknya jamur yang menempel pada plat yang ada di dalam soket tersebut.

Sekian, Cara Mengatasi Tv Bergambar Pelangi dan terimakasih atas kunjungannya..... Semoga Bermanfaat.

Baca juga :

8 comments:

  1. pak kalo buat tv lcd gmana??? cama aja kan tv sama monitor komputer???(hahaha... maaf banyak tanya nih...!!!)

    ReplyDelete
  2. Kalau untuk tv LCD saya kurang memahami mas, jadi mohon maaf sekali.
    monitor dan tv ada persamaan tapi banyak juga perbedaannya.
    (ga apa banyak nanya juga, santai aja hehe...)

    ReplyDelete
  3. kak mau nanya nic , kalok TV berwarna pelangi ditabungnya seperti udah lengket kayak istilahnya magnet yang menempel pada monitor tabung gtu, gmana sih caranya menyetabilin warnanya lagi..

    ReplyDelete
  4. Anonymous21:59

    mas nanya,tv digitec ninja 14 inc,layar warna merah terus diujung pojok kiri atas warn ijo dan kanan atas warrrna biru,gimana ngatasinya.

    ReplyDelete
  5. Anonymous20:20

    Mas kalo TV merek Changhong yang 29 inc, warna pelangi bundar yang di tengah-tengah, gmn cara mengatasinya, mhnbantuanya.trimakasih.

    ReplyDelete
  6. om mau tanya klo cara mengatasi pelangi bundar di layar TV SHARP gimana om?
    udah 5 hari berturut-turut om ga bisa di betulin
    mohon bantuannya!!
    (maaf ganggu :p)

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. kalo cara saya adalah tinggal di jauhin tv nya dengan tembok

    ReplyDelete