Sunday, 29 August 2010

Cara Setting Remot Serbaguna

Pada saat sekarang ini sudah hampir punah tv-tv yang belum disertai remot, walaupun ada, para pemilik tv ini ingin memasang remot pada tv-nya, bisa saja dipasang kalau di pcb tv-nya ada fasilitas infra red-nya (IR), dan supaya mudah remotnya biasanya menggunakan remot serbaguna atau multi (universal) made in china ini, yang di bandrol dengan harga relatif murah.

Selain untuk hal diatas, remot ini juga bisa menggantikan remot tv kita yang hilang, atau untuk para montir tv yang berfungsi untuk ngetes tv atau setting factory. Saat kita membeli remot ini disertakan pula petunjuk cara settingnya supaya remot bisa bekerja pada tv kita, dan cara settingnya ada 2 cara, yaitu:

http://www.ndenservis.com/2010/08/cara-setting-remot-serbaguna.html

A. Dengan memasukan kode secara manual untuk mencari tipe yang cocok
  1. Nyalakan tv-nya, cari kode yang sesuai dengan merk tv pada selembar kertas yang disertakan pada saat pembelian remot. Misal merk tv-nya Toshiba maka cari kode pada kolom bertuliskan Toshiba.
  2. Tekan dan tahan tombol "SET" (setting) hingga lampu led menyala, atau bisa juga dengan menekan tombol "SET" berbarengan dengan tombol "POWER" pada remot hingga led menyala.
  3. Masukan 3 angka grup pertama kode yang anda pilih. Misalnya 000 atau 014.
  4. Lampu led akan secara otomatis padam ketika anda memasukan 3 angka tersebut.
  5. Coba remotnya dengan menekan tombol apa saja, apakah bekerja secara normal?
Jika tidak, silahkan anda ulangi langkah ke 2, kemudian masukan kode berikutnya sampai remot bekerja normal.
Bila kode sudah dianggap cocok dan bekerja normal, catatlah kode tersebut dibalik tutup baterai remot, untuk antisipasi bila remot tidak bekerja akibat salah tekan atau dimainkan anak-anak.

B. Cara aman pemasukan kode secara otomatis untuk mencari tipe yang cocok.
  1. Nyalakan tv-nya , hadapkan remot tepat ke tv.
  2. Tekan tombol "SET" hingga led menyala.
  3. Tekan tombol "VOL+" (volume +) pada remot berulang-ulang, hinga ada tampilan kode volume pada layar tv, misal VOLUME 10.
  4. Tekan tombol "VOL-". Apakah tampilan volume tv jadi turun? Misal jadi VOLUME 9. Kalau volume tidak turun coba ulangi lagi dari langkah ke 3, sampai volume tv bisa naik dan turun satu angka.
  5. Tekan tombol "SET" sampai led padam.
  6. Coba remotnya dengan menekan tombol apa saja. Apakah remot bekerja normal? Bila tidak, coba ulangi lagi.
Nah bagaimana jika ingin menggunakan langkah pertama tapi kodenya alias kertas nya ilang, berarti kita butuh kode-kode tersebut. Untuk melihat kode-kodenya bisa klik disini



Bagaimana? Apakah Artikel ini bermanfaat?

Artikel terkait :

72 comments:

  1. Anonymous11:50

    sangat bermanfaat. terima kasih.
    kebetulan manual remote saya hilang. thanks!

    ReplyDelete
  2. Terimakasih kembali atas kunjungannya....

    ReplyDelete
  3. Anonymous15:24

    klo ntuk receiver parabola merk starcom, kodenya apa masssss

    ReplyDelete
  4. mohon maaf...kalo untuk kode receiver parabola saya kurang tau mas, soalnya ini cara untuk mensetting remot serbaguna untuk Tv saja, tapi kalau untuk kode Tv bisa di cari pada postingan lainnya di blog ini, semoga membantu....

    trimakasih atas kunjungannya...!

    ReplyDelete
  5. Anonymous21:10

    klo kode TV merk Changhong ap mas...?

    tlong y ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kode 373

      Delete
    2. Anonymous15:00

      Kalau untuk tv national bagaimana pak ya tolong jelasin!

      Delete
  6. Anonymous15:01

    Bro,,,kalau remote-nya merek lain, apa kodenya sama.. thanks B4.

    ReplyDelete
  7. Sepertinya banyak juga kode yang bisa digunakan di merk yang lain, di coba aja....

    ReplyDelete
  8. mas saya mau tanya, tv say mitsubishi yang tidak memiliki remote control dan juga tombol menu untuk mencari saluran, saya sudah coba kode yg ada di blog ini so- far jalan namun untuk pilihan menu pada remote tidak tampil dan pengoperasiannya pun tidak sinkron... mohon pencerahan

    ReplyDelete
  9. ma ko code remot rm 133e tv advance ga ad..
    Trus cocoknya pke kode ap

    ReplyDelete
  10. mas untuk code tv advance ko di daftar code remot chung he rm133e ga ada ya..
    Trus cocoknya pake code brapa..?mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pada kode other brand

      Delete
  11. bg!!
    kirimin ke email gw kode reset nya remote joker reciever yah...
    joker keluaran 4

    ne email sya
    gandaputrahutabarat@gmail.com

    ReplyDelete
  12. terimakasih banyak info nya. remote saya bisa digunakan lagi. sampai beli remote baru x.x manual nya hilang :) blog ini sangat membantu (y)

    ReplyDelete
  13. terima kasih banyak. akhirnya remote saya bisa digunakan lagi...
    kebetulan manual saya hilang entah kemana....

    ReplyDelete
  14. mas...saya baru beli remote...tv saya merk LG semua kode sudah saya coba...tapi tetep ga bisa...mohon pencerahan dunk...

    ReplyDelete
  15. nanya donk gan, remot ane multi RM99+ID joker-103+ nah masalahnya kertas manualnya ilang, kodenya apa ya gan? tv ane fujitec..

    ReplyDelete
  16. mas apa remote ini bisa untuk led tv advan digital? kalau bisa kode nya apa? terimakasih

    ReplyDelete
  17. mas apa remote ini bisa untuk led tv advan digital? kalau bisa kode nya apa? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya remot ini belum bisa untuk tv LED

      Delete
  18. apakah bisa remote ini untuk AC ....?

    ReplyDelete
  19. apakah bisa remote ini untuk AC ....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau remot ini untuk tv gan, jadi ga bisa untuk AC...

      Delete
    2. Tapi Kayaknya Bukan Buat TV doang dehh..
      Kayaknya bisa juga buat kipas angin...

      Delete
    3. kebetulan saya menggunakan AC alami gan jadi ga pakai remot... hehe

      Delete
  20. Nanda23:00

    Gan remot aku lampu lednya kok jadi warna ijo ya, padahal dulunya merah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah menemui kasus seperti itu gan... tapi kalau remot tetap berfungsi dengan baik sih ga apa-apa gan.

      Delete
  21. Kang, saya teh sudah coba langkah 2 di atas ,tapi tetep ngak ada response sama sekali sama TV-nya.
    TV Toshiba PowerTV LED-19
    Remotenya: Chunghop RM106GS

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk LED tv gunakan remot serbaguna untuk tv khusus LED gan

      Delete
  22. JzkLLAH , sangat berguna sekali, semoga kebaikannya dibalas dan selalu diselimuti keberkahan dari ALLAH SWT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien...
      terimakasih atas doa dan kunjungannya...

      Delete
  23. saya pake cara paling atas

    Tekan dan tahan tombol "SET" (setting) hingga lampu led menyala, atau bisa juga dengan menekan tombol "SET" berbarengan dengan tombol "POWER" pada remot hingga led menyala.

    Tapi setelah angka ke3 lampu masih menyala seharusnya lampu off,gimana itu gan?thanks b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. tekan set 1x

      Delete
    2. Anonymous14:18

      kalau lampu set nya hidup terus gmna ? tapi blm bisa di pake ?

      Delete
  24. Kalo remote king star ke akira gmn mas

    ReplyDelete
  25. Kalo remote king star ke akira gmn mas

    ReplyDelete
  26. Kalo remote king star ke akira gmn mas

    ReplyDelete
  27. Kalo remote king star ke akira gmn mas

    ReplyDelete
  28. Kalo remote king star ke akira gmn mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk king star sepertinya belum punya gan, tapi coba aja dengan teknik menggunakan VOLUME seperti cara diatas...

      Delete
    2. Anonymous20:14

      Gmna Cara Nya Gan.......

      Delete
  29. Kalo remote king star ke akira gmn mas

    ReplyDelete
  30. Makasih banyak gan.. amazing!!! hampir aja bli remot baru.. kan mubazir..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 gan... itulah gan gunanya mampir ke blog saya, jadi gak harus beli remot lagi deh... he he

      Delete
  31. benz19:45

    assalamualaikum.....?mas kalo cara seting remote goldstar itu gmn ya,saya dah dapat kodenya,tp gak tau gmn cara nyetingnya....mksh sebeelumnya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum slm... kalau untuk remot yang serbaguna untuk settingnya tidak jauh dengan yang saya tulis diatas. Tapi untuk goldstar biasanya remotnya mudah didapatkan tanpa harus menggunakan remot serbaguna.

      Delete
  32. bos saya punya remote merk joker tapi saya lupa kode untuk tv samsung, bisa tolong di bantu saya bos berapa kode nya

    ReplyDelete
  33. Anonymous12:03

    tv merk fujitec kodenya apa mas??

    ReplyDelete
  34. Anonymous11:28

    saya pakai remot merk visero rm-106g untuk tv mer akira. semua cara yang ada diatas sudah saya coba semua, tetapi masih belum bisa, solusinya bagaimana? terima kasih

    ReplyDelete
  35. Anonymous23:33

    Bagaimana jika Tv nya dalam keadaan padam????

    karena dimatikan melalui power di remote yg lama

    ReplyDelete
  36. thanks sob
    remotku saat tekan tombo set lampunya nyala terus mati dan lampu senternya nyala terus sob,,,solusinya gimana tuh bos

    ReplyDelete
  37. bos tvku lg yang layar datar 32in, tvna dikunci tombol aktif,tapi remotnya malah pecah trus rusak,bagaimanga cara buka kunci tombol aktif pada tombol tvnya bisa tidak?

    ReplyDelete
  38. Anonymous22:48

    Bray remot gue sama kaya yg gitu,,tapi tetep dua cara itu gk berfungsi

    ReplyDelete
  39. TOMBOL SET-NYA DMN Y?
    DI REMOT ATAU D TV..??

    ReplyDelete
  40. Anonymous17:43

    Makasih bgt gan..
    tadinya sempat bigung, kertasnya ilang,,hehee

    ReplyDelete
  41. Remote joker saya sudah align dgn tv nya, tapi ketika Saya mau tekan tombol search program, kok ga jalan ya.. Alias ga bisa nyari channel baru..

    ReplyDelete
  42. Remote joker saya sudah align dgn tv nya, tapi ketika Saya mau tekan tombol search program, kok ga jalan ya.. Alias ga bisa nyari channel baru..

    ReplyDelete
  43. Kalau mengaktifkan remot model RM-888 (AAA) gimana ya?

    ReplyDelete
  44. Anonymous15:50

    mohon pencerahannya bro

    remote saya merk LG (2 fungsi untuk dvd dan TV)

    cara setting untuk tv nya gmn tuh ????

    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  45. boleh tau code sony trinitron

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari di sini gan kodenya http://www.ndenservis.com/2010/08/kode-remot-serbaguna.html

      Delete
  46. Bismillah
    Mau ty gan, tv kami led akira 19"
    Sdh sy beli remote joker tv-5+ tp blm bs connect.
    Tolong dibantu gan.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya untuk Tv LED tidak semua remote serbaguna bisa masuk, ada remote serbaguna yang bisa dan ada juga yang tidak.
      Tapi jika sudah terlanjur membeli dan tidak ada kode yang cocok untuk tv tersebut coba dengan cara diatas pada bagian
      B. Cara aman pemasukan kode secara otomatis untuk mencari tipe yang cocok. yaitu dengan cara menggunakan Volume pada remote, tapi cara ini cukup membutuhkan kesabaran.

      Delete
  47. ass... mas bro... mau nanya, aq punya tv merk toshiba tabung model 14v2e tp power standbyx aktif trs. jd aq beliin remote serba guna tp aq ngga tau tau gmn carax aktifin kode pada remot karena tvx dalam keadaan power standby trs. solusinya gmn mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum slm. untuk menggunakan remot serbaguna harus dalam keadaan tv menyala, jika standby kemungkinan tv dalam keadaan rusak, jadi tv mesti diperbaiki dulu gan...

      Delete
  48. Anonymous18:55

    Mas kalo tipi nya dalame keadaan mati seperti mati pake remote itu gimana cara nyalain nya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tekan tombol program pada tv. jika tetap, kemungkinan ada kerusakan pada tvnya

      Delete
  49. Kalau untuk kode TV kenstar apa ya Mas..??
    Tolong d bantu,Thank's..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika tidak ditemukan merk yang sesuai coba gunakan kode pada OTHER BRAND, atau cara settingnya dengan tombol VOLUME (VOL+), caranya ada diatas.

      Delete
  50. Kalo buat top tv kodenya apa gan code book ane hilang nih mohon bantuannya ya makasih

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda! Harap jangan komentar spam dan mencantumkan Link hidup pada komentar. Komentar yang menyertakan Link hidup/aktif dan Broken link, maaf akan saya hapus.